SMP ISLAM BOJONEGORO MENDIDIK SISWA CERDAS DAN BERTAQWA

Selasa, 21 Agustus 2012

PENILAIAN KINERJA GURU ( PKG ) PENILAIAN TERHADAP 2 ( DUA ) ORANG GURU DENGAN TUGAS TAMBAHAN DI SMP ISLAM BOJONEGORO TAHUN 2012

PENILAIAN KINERJA GURU ( PKG )
PENILAIAN TERHADAP 2 ( DUA ) ORANG GURU
DENGAN TUGAS TAMBAHAN
DI
SMP ISLAM BOJONEGORO TAHUN 2012

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS DALAM RANGKA
DIKLAT PENGUATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH


O
l
e
h



Drs. SUKARDJI
No.Peserta: 19 – 004







BAB. I
TAHAB TAHAB PENILAIAN

A. Tahab Persiapan.
Dalam tahab ini, penulis sebagai Kepala Sekolah menentukan:
1. Kompertensi yang akan diukur;
2. Menyusun Instrumen pengukur/penilai;
3. Mensosialisasikan kepala Guru ybs.

Kompetensi yang akan diukur yaitu meliputi;
a. Kompetensi Pedagogik
b. Kompetensi Kepribadian;
c. Kompetensi Sosial; dan
d. Kompetensi Profesional.
Instrumenm yng digunakan yaitu :
Pengamatan, yaitu menggunakan Format Laporan dan Evaliasi per Kompetensi.
Sosialisasi Kepada Guru Ybs
Yaitu memberitahukan kepada Guru yang akan dinilai, tentang waktu, dan segala sesuatu yang harus dipersiapkan.
B. Tabab Pelaksanaan.
Tahab ini dilakukan melalui pengamatan, dengan mencatan semua kegiatan yang dilakukan oleh Guru, baik selama peroses pembelajaran maupun pada pelaksanaan tugas tambahan.
Khusus untuk tugas tambahan, maka diadakan pencatatan terhadap semua bukti yang relevan. Bukti yang dimaksud antara lain :
1. Dokumen tertulis;
2. Kondisi sarpras;
3. Foto, gambar, slide/power poin; dan
4. Produk produk siswa.

C. Tahab Penilaian.
1. Dalam tahab ini penilai menetapkan Nilai untuk setiap kompetensi denagn Nilai 1, 2 , 3, dan 4, yang diperoleh dari Skor 0, 1, atau 2 pada masing masing indikator.
2. Pemberian skor ini dilakukan dng cara mebandingkan catatan hasil pengamatan di lembar Format Laporan dan Evaluasi perkompetensi.
3. Skor 0, berarti indikator tidak dilaksanakan dan tidak ada bukti fisik;
Skor 1, berarti indikator dilaksanakan sebagian, dan ada bukti ttp tidak lengkap.
Skor 2, berarti indikator dilaksanakan, dan ada bukti lengkap.


Perolehan skor setiap kompetensi selanjutnya di jumlah dan dihitung / dicari prosentasenya, dengan cara Membagi total skor yng diperoleh dengan total skor maksimum, kemudian dikalikan 100%. Perolehan prosentasi setiap kompetensi tersebut selanjutnya dikonversikan ke skala nilai 1, 2, 3, atau 4. Melalui tabel sbb;

Tabel 1, Konversi skor kenilai kompetensi

Rentang total skor Nilai kompetensi
0 % < x < 25 % 1
25 % < x < 50 % 2
50 % < x < 75 % 3
75 % < x < 100 % 4

4. Nilai setiap kompetensi tersebut kemudian direkap kedalam Format Hasil penilaian kinerja guru untiuk mendapatkan total nilai. Bagi Guru dengan tugas tambahan, nilai setiap kompetensi direkap kedalam Format Penilaian kinerja. Nilai total ini selanjutnya dikonversikan kedalam skala nilai sesuai Pemen Negara
Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 th 2009 dengan rumus Sbb;
Nilai PKG
Nilai PKG = ---------------------------- x 100
Nilai PKG tertinggi

5. Berdasarkan hasil konversi nilai PKG kedalam skala nilai ( sesuai Permeneg PAN dan RB No.16 th 2010 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka selanjutnya dapat ditetapkan Predikat dan prosentase angka kreditnya sebagai mana tabel berikut ;

Tabel 2, Konversi Nilai Kinerja Guru hasil PKG ke Angka Kredit

Nilai hasil PK Guru Predikat/Sebutan Angka Kredit
91 - 100 Amat baik 125 %
76 - 90 Baik 100 %
61 - 75 Cukup 75 %
51 - 60 Sedang 50 %
-50 Kurang 25 %


6. Hasil dari penilaian ini, kemudian diberitahukan kepada Guru Ybs dengan bukti bukti yang syah untuk setiap kompetensi. Selanjutnya Guru Ybs melakuikan refleksi sebagai up[aya perbaikan pada periode berikutnya.
7. Pernyataan keberatan terhadap hasil penilaian.
Guru yang dinilai dapat mengajukan / memberi pernyataan keberatan terhadap hasil penilaian Kepala Sekolah, tentunya dengan alasan alasan tertentu dengan menunjukan bukti bukti yang kuat. Hal terbut bisa dilakukan penilaian ulang, dan penilaian ulang ini hnaya berlaku satu kali saja.
























BAB. II
PELAKSANAAN PENGAMBILAN NILAI

A. Guru yang dinilai
Guru yang dinilai dalam penilaian ini ada 2 ( dua ) orang, yaitu :
1. N a m a : Drs.H.Moch. Dhuha
Mengajar Mapel : IPS
Tugas tambahan : Kasie Kurikulum

2. Nama : Rus Harjono, S.Pd
Mengajar Mapel : Matematika
Tugas tambahan : Kasie Kesiswaan





1 komentar:

Unknown mengatakan...

Do you realize there's a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will induce deep emotions of love and instinctual attractiveness to you buried within his chest?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and guard you with all his heart...

12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

This instinct is so built-in to a man's mind that it will drive him to try harder than before to to be the best lover he can be.

In fact, triggering this dominant instinct is absolutely important to achieving the best possible relationship with your man that the instance you send your man a "Secret Signal"...

...You'll soon find him open his soul and heart for you in such a way he's never experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly attracted him.