SMP ISLAM BOJONEGORO MENDIDIK SISWA CERDAS DAN BERTAQWA

Selasa, 21 Agustus 2012

PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI MGMP DALAM RANGKA MENAIKAN NILAI UNAS TAHUN 2012 – 2013 DI SMP ISAM BOJONEGORO

PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI MGMP
DALAM RANGKA MENAIKAN NILAI UNAS TAHUN 2012 – 2013
DI SMP ISAM BOJONEGORO

Disusun untuk memenuhi tugas dlm rangka
Diklat Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah


O

l

e

h


Drs. S U K A R D J
Nomor Pesera : 19 – 004



KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-Nya, hingga detik ini penulis masih dapat melakukan aktivitas pelatihan dengan baik. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjunangan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta para sahabat, keluarga dan siapa saja yang senantiasa mengikuti ajaranya.
Pada kesempatan ini, penulis ingin menyampaikan rangkaian terima kasih kepada panitia pelaksana DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH yang diselenggarakan P4TK di Sarangan Kabupaten Magetan tepatnya pada tanggal 8 – 15 Juli 2012, yang telah mengundang, mendidik dan latihan penguatan Kepala Sekolah sehingga mendapatkan pencerahan dan bertambah wawasan pada pelatihan penguatan kepala sekolah yang diselenggarakan P4TK ini. Tak lupa juga penulis menyampaikan terima kasih untuk fasilitator pelatihan, yang dengan penuh kesabaran membimbing penulis, sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan benar.
Terima kasih dan rasa bahagia penulis berikan buat rekan-rekan peserta pelatihan yang telah banyak memberikan kontribusi bagi pengetahuan penulis mengikuti kegiatan BERMUTU DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH yang diselenggarakan oleh P4TK ini. Semoga jasa-jasa yang telah diberikan teman-teman akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.
Akhir Kata, penulis memohon dukungan lebih lanjut bagi penyiapan proposal ini hingga menjadi laporan penelitian yang semoga membawa manfaat bagi perbaikan pendidikan di SMP Islam Bojonegoro.
Bojonegoro, 14 Juli 2012
Peneliti/Peserta

Drs. SUKARDJI


DAFTAR ISI


Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.Latar Belakang Masalah .................................................................................................
2. Rumusan Masalah ........................................................................................................

3. Tujuan Penelitian ..........................................................................................................

4. Manfaat Penelitian ........................................................................................................

BAB II KAJIAN TEORITIS
1. Kajian Teori ................................................................................................................. 2.Kerangka Teori .............................................................................................................

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
1. Subyek, lokasi, dan waktu penelitian............................................................................
2. Prosedur Penelitian .......................................................................................................
3. Teknik Pengumpulan Data ...........................................................................................
4. Teknik Analisis Data ....................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................




BAB. I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Nilai Ujian Nasional masih menjadi momok bagi masyarakat, Mereka masih memandang sbg hal yg sangat diperhitungkan dlm hal memilih Sekolah.Kebanyakan mereka cenderung untuk memasukan anaknya ke Sekolah Favorit, atau sekolah yng dipandang meluluskan terbanyak (100 %) dan meluluskan terbanyak dng nilai Unas tertinggi. Padahal di Sekola kami, Sekolah Swasta, yg nota bene termasuk Sekolah bukan unggulan, tetapi mereka golongkan sbg Sekolah “Pinggiran” selalu dipandang sebelah mata. Maka tiada lain dlm ikut bersaing, harus meningkatkan nilai UNAS nya. Untuk dapat mencapai hal ini, maka haruis ditingkatkan “Kinerja Gurunya, utamanya Guru Mata Pelajaran Unas”, dng cara melalui kegiatan MGMP.

B. Rumusan Masalah

Masalah yng timbul dlm hal ini antara lain:
1. Peningkatan Kinerja Guru.
Guru sbg ujung tombak dalam usaha menaikan Nilai Unas, maka perlu dipacu semangat dan kinerjanya. Tetapi timul masalah, yaitu ;
“Bagai mana upaya meningkatkan kinerja Guru dlm rangka menaikan nilai Unas di SMP IslAM Bojonegoro Th.2012/2013 ?
2. Apakah melalui MGMP dpt ditingkatkan Kinerja Gurunya ?
3. Dengan kinerja Guru yng mneningkat/lebih baik, apakah dpt menaikan perorehan nilai Unas ?

Dengan rumusan masalah tsb, maka dpt diadakan pemecahan masalah masalahnya sebagai berikut;
1. Berdasarkan dugaan dan kajian awal, maka diduga bahwa, melalui MGMP dapat meningkatkan kinerja Guru.
2. Bahwa dng kinerja Guru yng meningkat (lebih baik), dpt menaikan nilai Unas thun 2012/2013, di SMP Islam Bojonegoro.

C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk:
1. Kepala Sekolah : a. Sebagai bahan untuk mengetahui keadaan sebenarnya sebab –
mengapa nilai Unas di SMP Islam Bojonegoro rendah?
b. Sebagai dasar untuk melakukan tindakan meningkatkan Nilai
Unas di SMP Islam Bojonegoro.




2. Untuk Guru : a. Sebagai bahan untuk melakukan tindakan /kegiatan menaikan
nilai unas.
b. Sebagai pegangan untuk melakukan usaha usaha menaikan -
nilai Unas.

D. Manfaat Penelitian.
1. Bagi Kepala Sekolah ; dengan melalui MGMP ternyata dapat meningkatkan -
Kinerja Guru, maka Kepala Sekolah dpt mengalokasikan
Dana yng cukup untuk kegiatan MGMP bagi semua Guru
utamanya Guru Mata Pelajaran yng di Unaskan.
2. Baagi Guru ; -Diharapkan akan lebih aktif lagi dalam mengikuti MGMP
-Akan lebih aktif dan rajin dalam membimbing siswanya,
dengan materi yang relevan dengan Unas















BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian teori dan hasil penelitian yng relevan.

Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatus Neghara dan Reformasi
Birokrasi No. 16 th 2009, “Penilaian Kinerja Guru Guru adalah “penilaian kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama Guru dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan dan jabatan. 1).

Dalam judul tersebut dititik beratkan kepada “Peningkatan Kinerja Guru”, maka kinerja guru diketahui meningkat atau tidak, maka hatrus diadakan penilaian, dan penilaian tersebut akan dilakukan berkaitan dengan adanya kegiatan MGMP.

Sedang MGMP adalah wadah suatu kegiatan pembelajaran yang berkelanjutan bagi Guru sejenis, untuk mengembangkan kompetensinya, dengan tujuan antara lain sebagai Guru yng profesional.

Masalah yng ada di SMP Islam Bojonegoro adalah tidak selalu mengikutkan Guru kedalam MGMP, dikarenakan keterbatasan Dana. Namun dengan pengalaman yang ada
Bahwa, selama ini nilai Unas di SMP Islam Bojonegoro selalu rendah, maka kedepan akan selalu diikutkan kedalam kegiatan MGMP, dengan harapan dapat meningkatkan kinerjka Guru yng pada akhirnya diharapkan dpt meanikan nilai Unas.


B. Penyelesaian Masalah.
Karena MGMP dipandang sebagai yg amat penting dlm meningkatkan profesionalitas Guru, maka masalah di SMP Islam Bojonegoro yaitu “tidak selalu mengikutkan semua Guru ke MGMP” , maka kedepan akan selalu dikutkan, utam,anya bagi Guru mata pelajaran yng di Unaskan.




1. Pusat pengembangan Tenaga Kependidikan , Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2012, Bahjan Ajar Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Strategi Pembimbingan Materi PKB untuk Guru, Bahan Ajar 1, halaman 3.




BAB III
METEDE PENELITIAN

A. Obyek, lokasi dan waktu penelitian

1. Yang menjadi Obyek dalam penelitian ini adalah “Guru Mata Pelajaran Unas, atau mata pelajaran yng di ujikan secara nasional, yaitu Bhs.Indonesia,
Matematika, Bhs.Inggris, dan IPA. Sedang aspek yang diteliti meliputi; Standar isi, Standar proses, standar penilaian, dan satndar pendidik.
2. Lokasi penelitian, yaitu “SMP IslamBojonegoro, Jl.P.Polim No.38 Bojonegoro.
3. Waktu penelitian, yaitu direncanakan selama 3 bulan , yaitu Bulan September, Nopember dan Desember 2012.

B. Jenis Data

Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini antara lain melipiti :
1. Jadwal / waktu MGMP
2. Hasil dari MGMP/Produk MGMP;
3. Relevansi antara Materi MGMP dengan Kurikulum;
4. Penerapan hasil MGMP dalam Proses Pembelajaran;
5. Nilai siswa.
6. Dokumen lain yang dipandang pelu.

C. Sumber Data

Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari :
1. Panitia MGMP masing masing Guru Mapel;
2. Guru yang bersangkutan ( yang diteliti )

D. Prosedur penelitian.

Prosedur penelitian dilakukan melalui tahapan tahapan meliputi :
1. Perencanaan;
2. Pelaksanaan;
3. Pengamatan, dan
4. Evaluasi dan Refleksi.
Disamping itu, juga dilaksanakan melalui dua siklus, pertama dan kedua.

E. Tehnik pengumpulan Data

Dalam penelitian ini, digunakan tehnik pengumpulan data :
1. Observasi, dan
2. Wawancara/angket.

F. Tehnik Analisa Data

Dalam penelitian ini, digunakan Tehnik Analisa Data :
“Deskriptif Prosentasi”, artinya, data yng diperoleh dari setiap siklus, akan direfleksikan dengan indikator keberhasilan kinerja guru, yang antara lain meliputi bidang :
1. Pedagogik;
2. Kepribadian;
3. Sosial, dan
4. Profesionalisme.

Sedang deskripsi prosentase kinerja Guru, dpt dijelaskan dalam tabel sbb;


No. Nilai hasil PK Guru Predikat %
1.

2.

3.

4.

5. 96 – 100

76 – 95

61 – 75

51 – 60

-50 Baik Sekali

Baik

Cukup

Sedang

Kurang 100

85

75

50

30



Jika hasil penilaian kinerja Guru melalui MGMP mendapat nilai 91 – 100 atau mendapat predikat “Baik sekali”, maka dapat disimpulkan bahwa, Peningkatan kinerja Guru melalui MGMP dalam rangka menaikan nilai Unas di SMP ISLAM Bojonegoro tahun 2012/2013, dianggap “Berhasil”.










Tidak ada komentar: