SMP ISLAM BOJONEGORO MENDIDIK SISWA CERDAS DAN BERTAQWA

Selasa, 21 Agustus 2012

SUPERVISI AKADEMIK DI SMP ISLAM BOJONEGORO

SUPERVISI AKADEMIK DI SMP ISLAM BOJONEGORO
A. Identifikasi Masalah;

Kondisi pembelajaran di SMP Islam Bojonegoro kelihatanya stabil stabil saja, tetapi itu tampak luarnya saja, sedang kondisi sebenarnya yang menyangkut masalah dalamnya, utamanya yang berkaitan dengan Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Kompetensi Lulusan, belum tahu pasti. Untuk itu perlu diadakan Supervisi guna mengetahui keadaan yng sebenarnya.

B. Pra Supervisi

Kediatan Pra Supervisi mencakup kegiatan “Perencanaan”, yaitu merencanakan tentang : 1. Sosialisasi kepada Guru yang akan disupervisi
2. Perangkat/Instrumen Supervisi
3. Waktu.

1. Sosialisasi kepada Guru
Sebelum pelaksanaan Supervisi, kepada semua Guru beri informasi dan diperintahkan untuk mempersiapkan diri. Persiapan yng dimaksud adalah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembelajaran, utamanya masalah perangkat pembelajaran, baik mengenai Silabus, RPP, Pemetaan dsb. Hal ini biasanya dilakukan pada akhir tahun atau pada awal tahun pembelajaran, yang biasanya juga dilaksanakan Workshop bersama di tingkat Sekolah.

2. Perangkat/Instrumen Supervisi
Dalam tahab ini Kepala Sekolah mempersipkan perangkat/instrumen Supervisi, yaitu menggunakan format format sbb;
Format 1:
ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk Umum
Berilah tanda () atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1. Tidak baik (0-40)
2. Kurang baik (41-80)
3. Cukup (81-130)
4. Baik (131-160)
5. Sangat baik (161-200)


Lembar Observasi
No Aspek yang diamati 1 2 3 4 5 Keterangan
Kegiatan Pembelajaran.

A. Penyusunan Silabus
1. Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran
2. Standar kompetensi
3. Kompetensi dasar
4. Materi pembelajaran
5. Kegiatan pembelajaran
6. Indikator pencapaian kompetensi
7. Penilaian
8. Alokasi waktu
9. Sumber belajar
B. Penyusunan RPP
10. Identitas mata pelajaran
11. Standar kompetensi
12. Kompetensi Dasar
13. Indikator pencapaian kompetensi
14. Kejelasan perumusan tujuan Pembelajaran(tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
15. Pemilihan materi Ajar(sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
16. Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika, materi dan kesesuaian dengan alokasi Waktu),
17. Kesesuian penggunaan metode pembelajaran
18. Kejelasan skenario langkah-langkah Pembelajaran
a) Pendahuluan
b) Inti
c) Penutup
19. Kelengkapan instrumen Penilaian Hasil Belajar (soal, kunci, pedoman penskoran)
20. Kelengkapan Sumber Belajar

C. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
21. Mempersiapkan siswa untuk belajar
22. Melakukan kegiatan apersepsi
23. Menguasai materi pembelajaran
24. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relavan
25. Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
26. Mengkaitkan materi dengan realitas kehidupan
27. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
28. Menggunakan media secara efektif dan efisien
29. Menghasilkan pesan yang menarik
30. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
31. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
32. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
33. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
34. Memantau kemajuan belajar selama proses
35. Menggunakan bahasa lisan dan tuliasan secara jelas, baik dan benar
36. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
37. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
38. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
39. Melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan
40. ……………………………….
………………, …………………
Kepala Sekolah,

Drs. SUKARDJI






Format 2:
Contoh : Lembar Observasi
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No Pertanyaan Jawaban
1. Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
2. Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
3. Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
4. Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
5. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
6. Apa yang menjadi kesulitan saudara?
7. Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara?
8. Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan.
9. Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
Kesan umum:

Saran:

…………, ……………….
Kepala sekolah

Drs. SUKARDJI

Format 3:
Hasil Observasi
No Komponen yang dianalisis Aspek yang disupervisi Hasil penilaian
1 2 3 4 5
1. Tahap sebelum observasi Contoh:
1. Persiapan mengajar yang disiapkan
2. Konsep yang akan dibahas
3. Tujuan yang akan dicapai
2. Tahap pelaksanaan observasi 4. Langkah-langkah penyajian
5. Pemanfaatan media
6. Proses interaksi
7. Kejelasan konsep
8. Tingkat keberhasilan
9. Penggunaan media
10. Efektivitas interaksi
3. Tahap sesudah observasi 11. Kesan-kesan penampilan
12. Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang sudah baik
13. Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang belum berhasil
14. Diskusi tentang gagasan-gagasan alternatif
4. Dan seterusnya 15. …………………..

20. ………………………..
Jumlah
Rata-rata
……………........., ………………..
Kepala sekolah/Supervisor
Drs. SUKARDJI



Format 4:
Isikan jadwal supervisi kunjungan kelas sesuai dengan kolom yang tersedia
Jadwal Supervisi Kunjungan Kelas
No. Hari/Tgl Nama Guru Mata Pelajaran Kelas Jam ke Pelaksanaan Supervisi Keterangan











……………,…………………..
Kepala Sekolah

Drs. SUKARDJI

Format 5:
Rekapitulasi Hasil Supervisi
No Nama Nilai Keterangan
Administrasi Penampilan Test Rata-rata













Rentang penilaian:
……………, ………………..
Kepala Sekolah

Drs. SUKARDJI


Format 6:
INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Guru : ……………………………..
2. Sekolah : ……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5. Standar Kompetensi : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar : ……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..


No URAIAN KEGIATAN KRITERIA NILAI
1 2 3 4
1. Menentukan identitas mata pelajaran
2. Menentukan standar kompetensi
3. Menentukan kompetensi dasar
4. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
5. Menentukan tujuan pembelajaran
6. Menentukan materi ajar
7. Menentukan alokasi waktu
8. Menentukan metode pembelajaran
9. Menentukan kegiatan pembelajaran
10. Menentukan penilaian hasil belajar
11. Menentukan sumber belajar
Jumlah NILAI RIIL = ……………………….
Jumlah NILAI IDEAL = 44 KLASIFIKASI
…………………….
Nilai PERSENTASI = …………………….. %
SARAN PEMBINAAN :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………




Format 7:
Contoh : Lembar Observasi PBM
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN

1. Nama Guru : ……………………………..
2. Sekolah : ……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5. Standar Kompetensi : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar :……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..

No URAIAN KEGIATAN KRITERIA NILAI
1 2 3 4
1. Menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar
2. Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
3. Menjelaskan isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan
4. Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa
5. Menggunakan respon siswa dalam menyelenggarakan kegiatan
6. Menggunakan media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
7. Menyelenggarakan kegiatan dengan urutan yang logis
8. Menggunakan berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan
9. Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual maupun kelompok
10. Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan
11. Memberikan penguatan kepada siswa
12. Melaksanakan penilaian selama kegiatan berlangsung
13. Menutup kegiatan dengan tepat
14. Memberikan tugas/PR
Jumlah NILAI RIIL = ……………………….
Jumlah NILAI IDEAL = 56 KLASIFIKASI
……………….
Nilai PERSENTASI = …………………….. %

SARAN PEMBINAAN :
……………………………………………………….
…. supaya menggunakan alat peraga … ……………………………………….……………..
………………………………………………………







Format 8:

INSTRUMEN OBSERVASI SISWA
PADA PROSES PEMBELAJARAN

NO NAMA KEGIATAN SKOR NILAI KET
1 2 3 4





JUMLAH
KETERANGAN
1. Berpartisipasi aktif
2. Tanggung jawab
3. Disiplin dalan mengikuti pembelajaran
4. Memusatkan perhatian pada materi pembelajaran

KRITERIA SKOR PENILAIAN KRITERIAN KEAKTIFAN PESERTA
Nilai Sebutan Kuantitatif Kualitatif
1 Sangat Aktif 85 – 100 SA = Sangat Aktif
2 Aktif 69 – 84 A = Aktif
3 Kurang Aktif 53 – 68 CA = Cukup Aktif
4 Tidak Aktif 37 – 52 KA = Kurang Aktif








Format 9:
Contoh : Lembar Observasi Guru
INSTRUMEN KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI PERFORMANSI GURU

Nama Guru : ……………………………..
Kelas : ……………………………..
Identitas Mata Pelajaran : ……………………………..
Waktu : ……………………………..
Semester : ……………………………..
Hari tanggal : ……………………………..
No URAIAN KEGIATAN Kriteria Penilaian
1 2 3 4
1. Persiapan dan apersepsi
2. Relevansi materi dengan tujuan pembelajaran
3. Penguasaan materi
4. Strategi
5. Metode
6. Media
7. Manajemen kelas
8. Pemberian motivasi kepada siswa
9. Nada dan suara
10. Penggunaan bahasa
11. Gaya dan sikap perilaku
Jumlah NILAI RIIL = ……………………….
Jumlah NILAI IDEAL = 44 KLASIFIKASI
…………………….
Nilai PERSENTASI = …………………….. %

Saran Pembinaan
.......................................................................
.......................................................................
.......................................................................
Kepala Sekolah

Drs. SUKARDJI
3. Waktu
Adapun waktu pelaksanaan Supervisi tersebut adalah “pertengahan bulan ke 3 sampai bulan ke 5 pada Smester ganjil.

B. Pelaksanaan
Pada tahab ini Supervisor/Kepala Sekolah mengadakan penilaian langsung dengan cara mengisi Format format yang Supervisi yang telah disediakan diatas.

C. Pasca Supervisi
Kegiatan Pasca Supervisi adalah :
1. Menyampaikan hasil supervisi kepada Guru yang bersangkutan;
2. Mengadakan pembinaan bersama dengan cara mengadakan Workshop tingkat Sekolah.
3. Mengadakan Supervisi lagi pada Smester Genap.

Bojonegoro, 7 September 2012
Kepala Sekolah



Drs. SUKARDJI
Nomer Peserta: 19 - 004

Tidak ada komentar: